Belajar AutoCAD 2D dan 3D Mudah dan Cepat

Sistem Koordinat Pada AutoCAD

Artikel terkait : Sistem Koordinat Pada AutoCAD

Sistem Koordinat Pada AutoCAD - Terkadang untuk keperluan penggambaran objek tertentu dibutuhkan sistem koordinat untuk memperoleh ukuran yang presisi dan akurat. Penulisan koordinat pada bidang 2D maupun 3D bisa diwakili dengan 3 variabel, yaitu X, Y dan Z, namun demikian pada bidang 2D tersebut nilai Z selalu 0, maka dengan itu penulisannya hanya ditulis dua variabel saja, yaitu X dan Y, dimana sistem penulisannya adalah (x,y).

Sistem Koordinat Kartesius
Sistem koordinat kartesius (Cartesian Coordinate) pada dasarnya terdiri dari 2 jenis sistem koordinat, yaitu koordinat kartesius 2D dan 3D. Sistem koordinat kartesius 2D ditentukan pada pemberian nilai pada dua jenis sumbu, yaitu sumbu X dan Y, dimana untuk sumbu X adalah ruas dari garis horisontal sedangkan untuk sumbu Y adalah ruas garis vertikal dan antara kedua sumbu tersebut bertemu pada satu titik (titik origin) serta antara keduanya membentuk garis yang saling tegak lurus. Untuk sistem koordinat 3D bisa diaktifkan dengan cara menambahkan sumbu Z sebagai faktor penentu penempatan titik pada pada sistem koordinat tersebut. Sistem penulisan koordinat kartesius untuk bidang 2D adalah (x,y), sedangkan untuk bidang 3D adalah (x,y,z).

Cara menentukan Koordinat Suatu Titik ada 3, yaitu : 
  • Koordinat Absolut - Koordinat Absolut adalah cara menentukan titik-titik secara spesifik, atau posisi yang pasti pada Drawing Area. Pada Koordinat Absolut pada prinsipnya semua titik dihitung atau dimulai dari titik absolut yaitu pada titik (0,0).
Koordinat Absolut
Koordinat Absolut

  • Koordinat Relatif - Letak suatu titik dapat dinyatakan secara relatif terhadap koordinat titik lainnya. Kita selain dapat memasukkan angka-angka koordinat absolut yang didasarkan pada titik origin, dapat pula memasukkan angka-angka koordinat relatif yang didasarkan pada titik akhir yang dimasukkan.
Koordinat Relatif
Koordinat Relatif

  • Koordinat Polar - Metode koordinat polar memperhitungkan koordinat suatu titik berdasarkan jarak terhadap titik sebelumnya dan sudut yang terjadi antara garis penghubung kedua titik tersebut terhadap garis datar yang diukur dalam arah berlawanan dengan searah jarum jam. Jadi, menurut metode ini koordinat suatu titik ditentukan terhadap titik sebelumnya, bukan terhadap titik origin.  Untuk memasukkan sebuah koordinat polar, masukkan jarak dan sudut yang dipisahkan dengan tanda kurung sudut (<).
Koordinat Polar
Koordinat Polar
Demikianlah Penjelasan tentang Sistem Koordinat Pada AutoCAD , mudah-mudahan artikel yang singkat ini dapat bermanfaat.

Artikel Tips dan Tutorial AutoCAD Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Tips dan Tutorial AutoCAD | Design by Bamz